Tentang Keyboard Komputer

Apa yang pertama kali terlintas dipikiran kalian saat mendengar kata “keyboardKomputer”? pasti hal pertama yang akan kita lihat di benak kita adalah serangkaian huruf  acak, QWERTY, ataupun yang lainnya. Ya, semua pengguna komputer pasti sudah tau dengan papan ketik yang disebut keyboard.

Lucu memang apabila salah satu dari kita tidak mengetahui apa itu keyboard dan apa fungsi keyboard itu. Tapi tenang kawan, disini kita akan belajar bersama mengenai apa itu keyboard.

Kita awali dengan pengertian keyboard, keyboard merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi input (pemasukan) data, huruf, angka, maupun karakter kedalam komputer . Keyboard juga merupakan alah satu perangkat keras pada komputer yang memiliki berbagai macam tombol dan juga terdapat fungsi yang berbeda tergantung pada dimana kita menekan salah satu tombol keyboard tersebut yang dapat menghasilkan proses sesuai dengan kemauan kita.

keyboard komputer

Berdasarkan apa yang telah kita pelajari di awal tadi, kita dapat mengetahui fungsi keyboard terhadap komputer sangatlah penting, karena dengan tanpa adanya keyboard, kita tidak akan bisa melakukan input perintah vital pada komputer kita.

Selanjutnya, adalah fungsi tombol keyboard menurut tombol-tombolnya:
Fungsi keyboard berdasarkan tombol ketiknya yaitu keyboard berfungsi sebagbagai beberapa kebutuhan mengetik, yang dimaksud disini adalah tombol huruf dan angka.

Fungsi keyboard berdasarkan tombol kontrolnya, artinya beberapa tombol memiliki fungsi tersendiri apabila beberapa tombol digabungkan. Misalnya saat kita menekan Ctrl+C itu merupakan perintah untuk melakukan copy atau penyalinan.

Fungsi keyboard berdasarkan tombol fungsinya, yaitu pada umumnya menyesuaikan tombol fungsi dengan perangkat lunak yang sedang kita jalankan. Contohnya adalah, tombol F5 digunakan untuk memaksimalkan tampilan layar pada saat kita mengoperasikan Microsoft PowerPoint.

Fungsi tombol berdasarkan tombol navigasinya, yaitu seperti panah ke kanan, kekiri, dan sebagainya.
Dan masih banyak lagi fungsi yang terdapat pada keyboard yang dapat kita pelajari sendiri, kita hanya perlu mencobanya, bahwa tanpa mencoba kita tidak akan bisa.


Demikianlah apa yang dapat kita pelajari bersama kali ini mengenai keyboard komputer. Semoga apa yang kita pelajari bersama beberapa menit tadi dapat membantu kita dalam memahami hal yang berhubungan dengan keyboard pada komputer. Sekian dan terima kasih. (Baca juga tentang: 

JENIS JARINGAN KOMPUTER)

0 Komentar untuk "Tentang Keyboard Komputer"

--
Back To Top