Perbedaan Pidato Khotbah dan Sambutan

khotbah
Terkadang setiap orang tidak dapat membedakan antar pidato, Khotbah dan juga sambutan. Mau tau lebih jelasnya simak ulasan berikut ini tentang perbedaan pidato, khotbah dengan sambutan:


Pengertian Pidato

Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. Adapun mungkin anda perlu membaca tentang jenis pidato

Pengertian Khotbah

 Khotbah menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia Badudu � Zain, berasal dari bahasa Arab yang berarti pidato, wejangan yang disampaikan khatib di mesjid sebelum salat Jumat. Jelas, khotbah di sini, mempunyai pengertian kepada kita memberikan sesuatu yang berguna semacam nasehat baik untuk saat ini maupun nanti (di akhirat). Substansinya khotbah sangat berhubungan sekali dengan ketuhanan, agama, atau hal-hal tentang kebajikan.

Dalam ajaran agama Islam ada beberapa macam jenis khutbah antara lain:
  • Khutbah Jum�at
  • Khutbah Idul Fitri
  • Khutbah Idul Adha
  • Khutbah Istisqa
  • Khutbah Pernikahan

Pengertian Sambutan

Sambutan yaitu memberikan pidato pendek sesuai acara yang ada. Kalau Sambutan yang dimaksud dalam rangka kedatangan tamu maka artinya menyongsong atau menyambut atau merayakan atas kedatangan tamu.

Semoga dapat memberikan pencerahan. hehehehe ... 

Tag : Edukasi
0 Komentar untuk "Perbedaan Pidato Khotbah dan Sambutan"

--
Back To Top